10 Manfaat Susu Kambing Murni, Baik untuk Pencernaan! di Bandung

Anda mungkin pernah melihat olahan daging kambing di mana-mana. Tahukah Anda bahwa selain dagingnya yang enak, susu hewani juga tak kalah nikmat untuk dikonsumsi. Bukan hanya masalah rasa, nilai gizi dan kandungan susu kambing murni bisa menjadi pengganti susu dan susu nabati

 

Susu kambing mengandung kadar kalsium, protein serta zat-zat penting lainnya yang lebih tinggi bagi tubuh dibandingkan susu sapi yang dikonsumsi dengan berbagai cara. Mengutip laporan United States Department of Agriculture (USDA) berikut adalah studi perbandingan kandungan nutrisi dalam 1 cangkir (237 mililiter) susu kambing dan susu sapi.

 

Berdasarkan penelitian, perbandingan susu kambing dan susu sapi jelas menunjukkan bahwa kandungan kalsium, magnesium protein, fosfor, dan kalium susu kambing lebih tinggi daripada susu sapi. Manfaat susu kambing adalah karena bermanfaat untuk pencernaan manusia, mudah dicerna dan juga mengandung lebih banyak prebiotik yang memberi makan bakteri menguntungkan yang berada di sistem pencernaan kita.

 

Sayangnya, susu kambing yang murni maupun turunannya lebih sulit ditemui di pasaran. Hal ini disebabkan karena produksi susu kambing perah lebih rendah dibandingkan dengan sapi perah. Jadi, tidak mengherankan jika susu kambing akan mendapatkan harga jual yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu sapi.

 

Bagi Anda yang tertarik untuk mengganti asupan susu harian Anda dengan susu kambing, berikut 10 keunggulan susu kambing murni dan olahan yang harus Anda ketahui:

 

1. Sumber asupan protein tinggi

Protein adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh kita dalam jumlah banyak untuk membangun jaringan dalam tubuh, membuat antibodi, dan merupakan sumber energi penting selain karbohidrat dan lemak.

 

Susu kambing memiliki kadar protein yang lebih tinggi daripada susu sapi atau susu nabati. Kandungan protein susu kambing adalah 9 gram sedangkan pada susu sapi 8 gram. Untuk susu nabati, seperti susu kedelai, mengandung 7 sampai 6-7 gram protein, dan susu almond mengandung 0-1 gram protein.

 

Dengan manfaat tersebut susu kambing dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan protein harian dan sebagai pengganti susu sapi. Tapi, tentu saja juga diisi dengan sumber protein lain, seperti telur, daging, dan kacang-kacangan.

 

2. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tahukah Anda bahwa susu kambing mengandung mineral penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh? Ya, jumlah mineral selenium pada susu kambing memang diakui jumlahnya cukup banyak dibandingkan dengan susu sapi.

 

Selenium adalah komponen tubuh yang berfungsi sebagai antioksidan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan membantu mengurangi peradangan. Dengan demikian, pentingnya selenium untuk kesehatan tidak bisa diremehkan.

 

Berkat kandungan selenium dalam susu kambing, mengkonsumsinya akan meningkatkan daya tahan tubuh Anda terhadap segala cuaca dan tingkat aktivitas sehari-hari, serta melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Memasukkan segelas susu kambing ke dalam diet Anda akan meningkatkan kekuatan tubuh Anda dan membuatnya lebih sehat.

 

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Banyak orang yang minum susu mengalami gangguan lambung, mulas dan diare. Alih-alih sehat, tubuh mulai terasa lemas akibat konsumsi susu. Pada kebanyakan kasus, kondisi ini disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh mencerna kandungan produk susu yang mengandung laktosa akibat alergi susu tertentu.

 

Susu kambing, yang mengandung laktosa sebagai penyusun dan kaya protein diyakini lebih mudah dicerna oleh pencernaan daripada susu dari sapi. Ada penelitian yang menyatakan susu kambing lebih sedikit menyebabkan alergi daripada susu sapi. Sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki riwayat alergi untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan profesional medis yang berpengalaman demi keselamatan anak Anda.

 

Prebiotik yang ada dalam susu kambing membantu memastikan bakteri baik masuk ke dalam saluran pencernaan, sehingga jumlahnya tetap normal atau bahkan meningkat untuk membantu metabolisme tubuh.

 

4. Mencegah pengeroposan tulang

Selain sebagai kandungan protein, alasan utama orang mengonsumsi susu adalah untuk memenuhi asupan kalsium dalam tubuh. Ini karena pentingnya kalsium dalam menjaga kesehatan tulang dalam kondisi baik.

 

Dari tabel perbandingan gizi di atas, 1 cangkir (237 mililiter) ambing kambing mengandung 327 mg kalsium. Dalam beberapa kasus, itu 51 mg lebih banyak dari kalsium yang ditemukan dalam susu sapi. Dengan cara ini, menambahkan susu kambing ke dalam makanan dapat membantu memenuhi asupan kalsium harian untuk orang dewasa sekitar 1.000 mg/hari dan anak-anak sekitar 1.300 mg/hari.

 

Sebuah studi dari tahun 2014 di Rusia menyatakan bahwa mereka menyediakan 400 ml susu kambing per

 

Siang hari bagi orang berusia di atas 42 tahun diperkirakan berdampak pada metabolisme tulang. Ini juga dapat membantu mencegah osteoporosis bila dikombinasikan dengan terapi.

 

5. Meningkatkan kemungkinan penyakit jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang paling sering mematikan. Untuk menghindari resiko terkena penyakit jantung, ada mKebiasaan baik apa saja yang bisa Anda lakukan dimulai dengan berolahraga serta memasukkan makanan sehat ke dalam menu makanan Anda di antaranya adalah menambahkan susu kambing ke dalam makanan Anda untuk memastikan Anda sehat.

 

 

Susu kambing mengandung asam lemak tak jenuh (tunggal atau ganda) trigliserida rantai menengah (MCT) yang dapat mencegah berbagai bentuk dan jenis penyakit jantung.

 

Selain itu, kandungan magnesium dalam susu kambing dapat bermanfaat untuk menjaga detak jantung agar tetap normal, juga mencegah peningkatan kadar kolesterol sehingga jantung menjadi lebih sehat.

 

6. Menjaga kesehatan gigi

Siapa yang tidak menginginkan gigi yang kuat dan sehat? Agar hal ini terjadi, Anda harus memperhatikan asupan kalsium harian Anda. Tidak hanya penting untuk kesehatan tulang tetapi kalsium juga penting untuk membantu pembentukan gigi yang sehat dan kuat.

 

Dari total kalsium yang diserap oleh jaringan tubuh, sekitar 99% disimpan di gigi dan tulang. Kalsium ini akan digunakan untuk membentuk jaringan gigi dan memastikan kesehatan gigi Anda. Jika Anda tidak ingin gigi Anda mudah retak dan rontok, minumlah lebih banyak minuman dan makanan berkalsium tinggi.

 

Susu kambing bisa menjadi pilihan Anda untuk sumber kalsium untuk dikonsumsi sehari-hari. Jumlah kalsium dalam susu kambing cukup untuk memenuhi 33% kebutuhan gizi harian yang dianjurkan, lebih tinggi dari susu sapi yang hanya 28%.

 

7. Menurunkan kadar kolesterol

Susu kambing kaya akan asam linoleat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa minum susu kambing dapat membantu mengurangi kolesterol di kantong empedu dan juga di arteri.

 

Alhasil, orang yang menderita kadar kolesterol tinggi maupun yang memiliki kadar kolesterol terjaga dapat menikmati pilihan susu yang lebih aman untuk dikonsumsi.

 

Manfaat lain susu kambing murni setelah menjaga kadar kolesterol normal adalah mencegah penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis), serangan jantung dan stroke.

 

8. Menghaluskan dan menjaga kesehatan kulit

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan berbagai produk perawatan kulit yang terbuat dari susu kambing yang meliputi sabun mandi atau lulur, lotion dan banyak lagi. Susu Kambing yang kaya akan asam amino, asam lemak dan vitamin A dipercaya sebagai sumber nutrisi alami yang bermanfaat bagi kesehatan kulit Anda.

 

Jika Anda mencari kulit yang halus dan lembut, produk kecantikan dari susu kambing adalah pilihan terbaik. Kandungan pH susu kambing identik dengan kulit manusia, artinya tidak membahayakan kulit dan aman bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.

 

Selain itu, asam laktat dari susu kambing dapat memberikan kelembapan maksimal pada kulit Anda sehingga cocok untuk Anda yang memiliki kulit kering. Komponen lain seperti Vitamin A dan asam lemak dapat memperbaiki permukaan kulit dan menghilangkan sel kulit mati.

 

9. Meningkatkan penyerapan nutrisi oleh tubuh

Sebuah studi tahun 2002 menunjukkan bahwa meminum susu kambing dapat meningkatkan kemampuan tubuh menyerap nutrisi dari makanan dengan cara yang lebih efisien.

 

Ini berbanding terbalik dengan susu sapi, yang dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap tembaga dan besi bila dikonsumsi bersamaan dengan makanan lain.

 

Sehingga dapat dikatakan bahwa mengkonsumsi suplemen makanan dengan susu kambing dapat membuat tubuh menyerap semua nutrisi yang dibutuhkannya tanpa membuang apapun.

 

10. Tidur lebih nyenyak

Apakah Anda berjuang untuk tertidur? Cobalah minum segelas susu kambing hangat sebelum menutup mata sebelum tidur.

 

Triptofan asam amino yang ditemukan dalam susu kambing sangat membantu dalam produksi serotonin, hormon yang diproduksi dalam tubuh. Hormon serotonin sangat penting untuk menjaga kestabilan suasana hati sekaligus meningkatkan relaksasi. Ini juga bertanggung jawab untuk membantu proses produksi hormon melatonin atau hormon tidur.

 

Selain itu, meminum segelas susu kambing sebelum tidur dipercaya dapat membantu Anda lebih cepat tertidur dan lebih mudah tertidur.

 

Tidak sulit untuk melihat keunggulan dari produk olahan dan susu kambing murni karena kandungan nutrisi yang melimpah di dalamnya. Keunggulan susu kambing dibandingkan dengan susu nabati atau susu sapi telah terbukti secara klinis. Berdasarkan kandungan protein, sodium kalsium, magnesium, fosfor, dan potasium, tidak ada yang bisa mengalahkan susu kambing. Inilah mengapa Anda tidak perlu ragu untuk memilih keju kambing sebagai suplemen sehat untuk kebutuhan nutrisi harian Anda.

 

Banyaknya manfaat susu kambing alami akan membantu seluruh keluarga untuk menjaga kesehatan tubuh secara alami. Ini bukan hanya cara yang bagus untuk memperkuat sistem kekebalan Anda, tetapi juga dapat mengurangi keparahan berbagai jenis penyakit mematikan, termasuk serangan jantung dan stroke.

 

Selain menjaganya dari dalam, keunggulan susu kambing yang murni adalah sebagai tambahan.

 

terlihat dari luar, berkat gigi yang sehat dan penampilan kulit yang cerah, lembab, dan lembut. Ini meningkatkan penampilan Anda saat Anda melakukan aktivitas olahragadasi.

 

Meskipun menemukan susu kambing murni bukanlah tugas yang mudah, namun ada sejumlah peternakan yang dapat diandalkan yang memproduksi dan menjual susu kambing beku, dingin, botol, bahkan bubuk dengan harga berbeda.

 

Harga susu kambing yang dijual di pasaran berkisar antara Rp. 44.000-85.000 per 200g untuk bubuk keju kambing mentah. Rp. 6.600-10,00 per 200 ml susu kambing murni.

 

Jika membandingkan harga susu kambing dan susu sapi, mungkin sebenarnya lebih mahal. Namun mengingat nilai gizi daging kambing yang lebih banyak dibandingkan susu sapi atau susu nabati, maka harga yang dibayarkan sesuai dengan manfaat kesehatan yang didapat.

 

#susukambing #susu #kambing #susukambingmurni #susumurni #sususegar #manfaatsusukambing #waktu minum susu #obatsusukambing #efeksusukambing #susukambingsachet #khasiatsusukambing #susukambingterbaik #hargasusukambing

Comments

Popular posts from this blog

skripsi Indonesia skripsi Kualitatif terbaik

Ini dia beragam makanan tradisional dari Tanah Datar provinsi Sumatera Barat

Harga Domba AWASSI di indonesia